Mau Set Top Box Gratis TV Digital? Ini Caranya !!

Mau Set Top Box Gratis TV Digital? Ini Caranya !! Lokercilacap.my.id Menjelang kematian TV Analog, pemerintah melalui kementrian Kemenkominfo akan membagikan bantuan Set Top Box (STB) gratis untuk mengimplementasikan program Analog Switch Off (ASO) tahap pertama. Bersaman dnegan program ini, sedikit demi sedikit jaringan tv analog akan dimatikan secara bertahap.

Sebelum kita membahas mengenai Bagaimana caranya untuk mendapatkan STB secara Gratis kita akan membahas terlebih dahulu perbedaan, kelebihan dan kekurangan TV Analog maupun TV Digital. Agar sebelum teknologi ini diterapkan, masyarakat sudah benar-benar paham apa yang mereka gunakan dan bagaimana cara penggunaanya.

Perbedaan Siaran TV Analog Dan Digital

Oleh karena itu disini Lokercilacap akan memberikan sedikit informasi yang semoga bisa memberi wawasa untuk Anda.

Sinyal
Ada perbedaan yang cukup siknifikan dari pemancaran Televisi Analog dan Digital. Sinyal Televisi Analog berbentuk gelombang dengan dasar amplitude dan frekuensi yang berkelanjutan digunakan untuk Radio Itulah alasan kenapa kadang terjadi gesekan frekuensi ketika ada pengguna HT di frekuenzi 27 Mhz. Sinyal TV Analog menggunakan Frekuensi FM untuk sinyal audio dan frekuensi AM untuk video. Dalam siaran digital mempunyai bandwidth yang optimal sehingga bisa menyimpan rribuan cannel.

Kwalitas Audio Video
Seperti yang banyak kita ketahui ketika menonton siaran TV Analog sering terjadi ganguan pada video yang tidak stabil, goyang warna hilang timbul, banyak semut dan juga suara yang banyak noise bahkan kadang bersinggungan dengan cannel lain.

Sedangkan untuk sinyal TV Digital dengan pengiriman dalam bentuk bit data akan bisa menghasilkan gambar HD tanpa noise di audionya.

Kelemahan TV analog

Cuma Dapat Memproses Sinyal Analog
Sebagaimana tadi yang dipaparkan di atas, kalau TV yang dapat dijangkau oleh banyak warga menegah kebawah merupakan TV yang cuma sanggup menjangkau sinyal Televisi Analog saja. Sebab Televisi Digital yang cuma dapat dijangkau dengan TV modern yang lebih mutahir.

Kualitas Foto Kurang Bagus
Sebab Televisi Analog cuma menjangkau sinyal tv terdekat, hingga bila terus menjadi jauh dengan pemancar hendak terus menjadi kurang baik mutu sketsanya ataupun malah hendak terus menjadi menghilang. Tidak hanya sketsanya yang masih beresolusi SD, Televisi Analog masih memakai CRT yang tidak hemat tempat. Hingga dari itu Televisi Analog mayoritas memakai antena buat menjangkau sinyal pemancar yang terdapat, serta bila meski tidak menjangkau hingga tidak dapat menunjukkan siaran yang di idamkan.

Boros Listrik
Televisi Analog masih banyak terletak di dalam tv tabung. Serta tv tabung populer dengan mengkonsumsi energi listriknya yang besar menimbulkan boros listrik. Perihal ini bila dibanding dengan tv modern non tabung yang jauh lebih hemat listrik sebab komsumsi jauh lebih sedikit energi listrik.

Kelebihan TV analog

Harga Terjangkau
Semacam yang kita tahu, modern ini terus menjadi menjamur Televisi yang modern serta mendukung Televisi Digital. Terus menjadi mutahir televisinya terus menjadi mahal biayanya. Tetapi, berbeda dengan Televisi analaog yang mayoritas masih terdapat di Televisi tabung. Televisi tabung ialah tv yang dapat dibilang selaku tv golongan dasar, diucap demikian sebab dapat dijangkau oleh warga kalangan menengah ke dasar. Harga yang murah menjadikan Televisi Analog jadi kesukaan oleh bagian warga yang belum sanggup membeli tv mutahir nan mahal yang dapat mendukung Televisi Digital.

Kelamahan dan kelebihan TV digital

Kelebihan TV Digital

  1. Kualitas sinyal siaran yang lebih stabil dan tahan terhadap gangguan.
  2. Kualitas gambar yang ditampilakn lebih jernih
  3. Mendukung siaran dengan resolusi gambar HD, Ful HD dan UHD 4K.
  4. Kemampuan penyiaran multichannel dan multiprogram dengan pilihan saluran tv yang lebih banyak.
  5. Kemampuan transmisi audio dan videoyang lebih baik.
  6. Dapat ditonton hanya dengan menggunakan tambhan antena UHF biasa.
  7. Untuk menikmati siaran digital tidak perlu berlangganan.
  8. Pada siaran televisi digital tidak perlu berada dekat dengan pemancar untuk mendapatkan kualitas gambar
  9. yang lebih baik.

Kekurangan TV digital

  1. Untuk perpindahan dari channel satu ke channel lainnya membutuhkan waktu yang agak lama, sekitar 3 sampai 4 detik.
  2. Jika tidak mendapatkan sinyal, maka yang akan tampil pada tv hanya gambar pemandangan (tergantung STB yang di gunakan).
  3. Tidak semua stasiun tv menyediakan siaran digital. Hal tersebut menjadikan jangkauan siaran digital pada setiap daerah akan mengalami perbedaan jumlah channel yang bisa di tonton.
  4. Harga alat siaran digital (STB / Set Top Box) yang agak mahal, berkisar 200rb hingga 500rb.
  5. Bagi sebagain orang awam kemungkinan akan kesulitan untuk installasi STB.

kemudian, Inilah caranya untuk mendapatkan Set Top Box Gratis TV Digital

Klik Lanjutkan Untuk Melihat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.